Rabu, 25 April 2012

Apa UEFI atau Extensible Firmware Interface Bersatu?

Apa UEFI atau Extensible Firmware Interface Bersatu?

Pada Computex 2011, Michael Angiulo dari Microsoft mengambil panggung untuk memberikan demo Windows 8 . Salah satu hal penting yang dia telah disebutkan, kebutuhan UEFI untuk menjalankan Windows 8 pada tablet berbasis ARM.
UEFI logo Apakah UEFI atau Extensible Firmware Interface Bersatu?
Jadi apa UEFI?
UEFI adalah singkatan untuk antarmuka Firmware Bersatu Extensible . Hal ini pada dasarnya pengganti BIOS yang digunakan untuk mengatur hardware dan memuat dan memulai sistem operasi di PC masa kini.
Nenek moyang UEFI dikembangkan oleh Intel untuk server Itanium mereka berbasis. Keterbatasan utama BIOS adalah bahwa itu adalah 16-bit dengan hanya 1 MB ruang dialamatkan dan Master Boot Record dimanfaatkan (MBR) skema partisi. Jadi ada kendala pada jumlah RAM yang dapat digunakan oleh BIOS dan tidak bisa mendukung HDD dengan kapasitas 2.2TB atas. Dalam rangka untuk mengatasi keterbatasan ini, Intel memperkenalkan Inisiatif Intel Boot yang kemudian diganti sebagai EFI. Saat itu diambil alih oleh EFI Forum Bersatu, yang berevolusi menjadi UEFI.
Antarmuka EFI asli digunakan di Mac dan hanya mendukung prosesor Intel. Tapi UEFI di sisi lain mendukung kedua Intel dan prosesor AMD.
Keuntungan UEFI
UEFI mendukung arsitektur 32-bit dan 64-bit. Dengan demikian dapat memanfaatkan RAM lebih untuk melakukan proses yang lebih kompleks dari BIOS. UEFI juga mendukung arsitektur CPU independen dan driver.
Tidak seperti BIOS, UEFI dapat memiliki antarmuka visual menyenangkan lebih yang mendukung mouse. Lihat antarmuka Asus UEFI bawah ini.
image002 klip Apa UEFI atau Extensible Firmware Interface Bersatu?
Selain skema partisi MBR standar, UEFI juga mendukung GUID Partition Table atau GPT. GPT memungkinkan untuk disk maksimum dan ukuran partisi 9,4 ZB (dibandingkan dengan 2.2TB dari MBR) dan 128 partisi pada Windows (dibandingkan dengan 4 MBR).
UEFI dilengkapi dengan boot manager yang menghilangkan kebutuhan untuk boot loader terpisah. UEFI juga mendukung ekstensi seperti ACPI yang tidak 16-bit. Selain itu, UEFI juga memberi Anda lebih cepat start-up dan dukungan jaringan yang lebih baik.
Dengan kemajuan dalam industri perangkat keras, BIOS menjadi lebih dan lebih memadai untuk menangani kekuatan dan kapasitas mesin saat ini dan UEFI memiliki kemampuan untuk menangani pernah tumbuh rasa haus kita untuk daya komputasi yang lebih setidaknya untuk dua dekade berikutnya.
Produsen Semoga lebih akan beralih untuk UEFI dari BIOS sekali Windows 8 dilepaskan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar